STANDAR DESAIN PERPUSTAKAAN
By : Safna An Neesa'
A.
Standarisasi desain
perpustakaan Sekolah Dasar
Standarisasi desain
perpustakaan Sekolah Dasar berdasarkan standar
Nasonal Perpustakaan
1.
Sarana dan prasarana
1.1
Lokasi Perpustakaan
Lokasi perpustakaan
berada di pusat kegiatan pembelajaran dan mudah dilihat serta mudah dijangkau
oleh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.
1.2
Gedung/ruang
·
Perpustakaan menyediakan gedung/ruang yang cukup untuk koleksi, staf dan
pemustakanya dengan ketentuan:
Jumlah Siswa
|
Luas Ruang (M2)
|
1-6 Rombongan Belajar
|
56 M2
|
7-12 Rombongan Belajar
|
84 M2
|
13-24 Rombongan Belajar
|
112 M2
|
Lebar minimal ruang
perpustakaan 5 M2.
·
Pengaturan ruang secara teknis mengikuti ketentuan yang diatur dalam Permendiknas No.24 Tahun 2007 Tentang
Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI),
Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah Menengah
Atas/Madrasah Aliyah(SMA/MA).
1.3
Area
Gedung/ruang perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi:
o area koleksi;
o
area baca;
o area kerja
1.4
Sarana
Perpustakaan menyediakan sarana perpustakaan sekurang-kurangnya meliputi:
§ Rak buku (5 buah)
§ Rak majalah (1 buah)
§ Rak surat Kabar (1 buah)
§ Meja baca (5 buah)
§ Kursi baca (10 buah)
§ Kursi kerja (2 buah)
§ Meja kerja (2 buah)
§ Lemari katalog (1 buah)
§ Lemari (1 buah)
§ Papan pengumuman (1 buah)
§ Meja sirkulasi (1 buah)
§ Majalah dinding (1 buah)
§ Rak buku referensi (1
buah)
§ Perangkat komputer dan
mejanya untuk keperluan administrasi (1 buah)
§ Perangkat komputer dan
mejanya untuk keperluan pemustaka (1 buah)
§ TV (1 buah)
§ Pemutar VCD/DVD (1 buah)
§ Tempat sampah (1 buah)
§ Jam dinding (1 buah)
B.
Standarisasi desain
perpustakaan Sekolah Menengah pertama (SMP/MTs)
Standarisasi desain perpustakaan Sekolah Menengah pertama
berdasarkan
standar Nasonal Perpustakaan
1.
Gedung/Ruang
§ Perpustakaan menyediakan
gedung/ruang yang cukup untuk koleksi, staf dan pemustakanya dengan ketentuan:
Jumlah Siswa
|
Luas Ruang
|
3-6 rombongan
belajar
|
112 M2
|
7-12 Rombongan
Belajar
|
168 M2
|
13-18 Rombongan
Belajar
|
224 M2
|
19-24 Rombongan
Belajar
|
280 M2
|
Lebar minimal ruang perpus 5 M2
§ Pengaturan ruang secara
teknis mengikuti ketentuan yang diatur dalam Permendiknas No.24 Tahun 2007
Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
(SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah
Menengah Atas/Madrasah Aliyah(SMA/MA).
2.
Area
Gedung/ruang perpustakaan
sekurang-kurangnya meliputi:
§ area koleksi;
§ area baca;
§ area kerja;
§ area multimedia.
3.
Sarana
Perpustakaan menyediakan sarana perpustakaan
sekurang-kurangnya meliputi:
§ Rak buku (10 buah)
§ Rak majalah (1 buah)
§ Rak surat Kabar (1 buah)
§ Meja baca (10 buah)
§ Kursi baca (20 buah)
§ Kursi kerja (3 buah)
§ Meja kerja (3 buah)
§ Lemari katalog (1 buah)
§ Lemari (1 buah)
§ Papan pengumuman (1 buah)
§ Meja sirkulasi (1 buah)
§ Majalah dinding (1 buah)
§ Rak buku referensi (1
buah)
§ Perangkat komputer dan
mejanya untuk keperluan administrasi (1 buah)
§ Perangkat komputer, meja
dan fasilitas akses internet untuk keperluan pemustaka (1 buah)
§ Perangkat komputer, meja
dan fasilitas katalog publik online untuk keperluan pemustaka (1 buah)
§ TV (1 buah)
§ Pemutar VCD/DVD (1 buah)
§ Tempat sampah (3 buah)
§ Jam dinding (2 buah)
4.
Lokasi
Perpustakaan
Lokasi perpustakaan berada di pusat kegiatan pembelajaran dan mudah dilihat
serta mudah dijangkau oleh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.
C.
Standarisasi desain
perpustakaan Perguruan Tinggi
1. Sarana Prasarana
1) Gedung/luas
ruangan
Berdasarkan
Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi, perpustakaan menyediakan
gedung/luas lantai sebagai berikut:
JUMLAH MAHASISWA
|
LUAS RUANG (m2)
|
>1.000
|
200 M2
|
1.000-2.500
|
500 M2
|
2.501-5.000
|
1.000 M2
|
5.001-7.500
|
1.500 M2
|
7.501-10.000
|
2.000 M2
|
10.001-20.000
|
4.000 M2
|
2)
Ruang
a)
Komposisi Ruang
Berdasarkan
Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi, ruang perpustakaan meliputi:
§ Area koleksi 45%
§ Area pemustaka
25%
§ Area kerja 10%
§ Area
lain/toilet, ruang tamu, seminar/teater, lobi 20%
b)
Pengaturan Kondisi Ruang
Pengendalian kondisi ruang
Berdasarkan
Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi, perpustakaan melakukan
pengaturan kondisi ruang dengan cara:
Ø Pencahayaan
o Area baca
(majalah dan surat kabar) 200
lumen
o Meja baca (ruang
baca umum) 400 lumen
o Meja baca (ruang
baca rujukan) 600
lumen
o Area Sirkulasi 600
lumen
o Area Pengolahan 400
lumen
o Area akses
tertutup (closed acces) 100
lumen
o Area koleksi
buku 200
lumen
o Area kerja 400
lumen
o Area pandang dengar 100 lumen
Ø Kelembapan
o Ruang koleksi
buku 45-55%
o Ruang koleksi
mikrofilm 20-21%
Ø Temperatur
o Area baca
pemustaka, area koleksi dan ruang kerja 200-250 celcius
3)
Sarana
Berdasarkan
Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi, perpustakaan menyediakan sarana
perpustakaan disesuaikan dengan koleksi dan layanan, untuk menjamin
keberlangsungan fungsi perpustakaan dan kenyamanan pemustaka, seperti tabel
berikut:
NO.
|
JENIS
|
RATIO
|
DESKRIPSI
|
1.
|
Perabot kerja
|
1 set/pengguna
|
Dapat menunjang kegiatan memperoleh informasi dan mengelola perpustakaan.
Minimum terdiri atas kursi dan meja baca pengunjung, kursi dan meja kerja
pustakawan, meja sirkulasi, dan meja multimedia.
|
2.
|
Perabot
penyimpanan
|
1
set/perpustakaan
|
Dapat menyimpan koleksi perpustakaan
dan peralatan lain
untuk pengelolaan
perpustakaan.Minimum
terdiri atas rak
buku, rak majalah, raka
surat kabar,
lemari/laci katalog,
dan lemari yang
dapat dikunci.
|
3.
|
Peralatan
Multimedia
|
1
set/perpustakaan
|
Sekurang-kurangnya
terdiri atas 1 set
komputer.
|
4.
|
Perlengkapan
lain
|
1
set/perpustakaan
|
Minimum terdiri atas buku inventaris
untuk mencatat koleksi perpustakaan,
buku pegangan pengolahan untuk
pengatalogan bahan pustaka yaitu
Bagan Klasifikasi, Daftar Tajuk Subjek
dan Peraturan Pengatalogan, serta
papan pengumuman.
|
4)
Lokasi perpustakaan
Berdasarkan
Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi,Lokasi perpustakaan perguruan tinggi berada di pusat
kegiatan pembelajaran dan mudah dijangkau oleh peserta didik, pendidik dan
tenaga kependidikan.
2. Koleksi
Berdasarkan
Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi, standar jenis dan jumlah
koleksi dalam perpustakaan sebagai berikut:
§ Koleksi
perpustakaan berbentuk karya tulis, karya cetak, dan/karya rekam terdiri atas
fiksi dan non fiksi.
§ Koleksi nonfiksi
terdiri atas buku wajib mata kuliah, bacaan umum, refernsi, terbitan berkala,
muatan lokal, laporan penelitianm dan literatur kelabu.
§ Jumlah buku
wajib dihitung menggunakan rumus 1 program studi X (144 sks dibagi 2 sks per
matakuliah) X 2 judul permata kuliah=144 judul buku wajib per program studi.
§ Judul buku
pengembangan=2X jumlah buku wajib.
3. Kursi
Bagian-bagian yang perlu
diperhatikan bagi perancang kursi terlihat pada gambar 2.3 dibawah ini

Gambar 2.3
PRIA
|
WANITA
|
|||||||
PRESENTIL
|
PRESENTIL
|
|||||||
5
|
95
|
5
|
95
|
|||||
PENGAUKURAN
|
IN
|
CM
|
IN
|
CM
|
IN
|
CM
|
IN
|
CM
|
A.
Tinggi lipatan dalam lutut
|
15,5
|
39,4
|
19,3
|
49,0
|
14,0
|
35,6
|
17,5
|
44,5
|
B.
Jarak pantat lipatan dlm lutut
|
17,3
|
43,9
|
21,6
|
54,9
|
17,0
|
43,2
|
21,0
|
53,3
|
C.
Tinggi siku pososo istirahat
|
7,4
|
18,8
|
11,6
|
29,5
|
7,1
|
18,0
|
11,0
|
27,9
|
D.
Tinggi bahu
|
21,0
|
53,3
|
25,0
|
63,5
|
18,0
|
45,7
|
25,0
|
63,5
|
E.
Tinggi duduk normal
|
31,6
|
80,3
|
36,6
|
93,0
|
29,6
|
7,2
|
34,7
|
88,1
|
F.
Rentang panggul
|
13,7
|
34,8
|
19,9
|
50,5
|
12,3
|
31,2
|
19,3
|
49,0
|
G.
Rentang panggul
|
12,2
|
31,0
|
15,9
|
40,4
|
12,3
|
31,2
|
17,1
|
43,4
|
H.
Rentang bahu
|
17,0
|
43,2
|
19,0
|
48,3
|
13,0
|
33,0
|
19,0
|
48,3
|
I.
Tinggi lumbar
|
Lihat
catatan
|
Catatan:
·
Belum ada studi antropometrik untuk tinggi lumbar
·
Ukuran-ukuran normal di Indonesia, memakai ukuran wanita
di Indonesia
Ø Sumber: julius
Panero dan Martin Zelnik,2003
4. Jam kerja
Berdasarkan Standar Nasional
Perpustakaan Perguruan Tinggi, jam kerja sekurang-kurangnya empat puluh jam per minggu, minimal 5
hari kerja perminggu.
Ø Jumlah
tenaga
o Perpustakaan dikelola
oleh tenaga perpustakaan sekurang-kurangnya 2 orang pustakawan.
o Untuk 500 mahasiswa
pertama : 1 orang pustakawan dan 1 orang staf.
o Untuk setiap tambahan
2000 mahasiswa - ditambahkan 1 orang pustakawan.
o Perpustakaan memberikan
kesempatan untuk pengembangan sumber daya manusianya melalui pendidikan formal
dan nonformal kepustakawanan.
3 komentar:
Assalamualaikm. Maaf ambil referensinya dimana?
Minta tolong di cantumkan daftar pustakanya
In this fashion my friend Wesley Virgin's story launches with this shocking and controversial VIDEO.
Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "MIND CONTROL" tactics that the CIA and others used to get anything they want.
These are the exact same tactics many famous people (especially those who "became famous out of nowhere") and top business people used to become rich and successful.
You probably know that you use only 10% of your brain.
That's really because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.
Maybe that conversation has even taken place IN YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind about 7 years ago, while driving an unregistered, beat-up trash bucket of a car without a license and $3 in his bank account.
"I'm absolutely fed up with living payroll to payroll! Why can't I become successful?"
You took part in those thoughts, ain't it right?
Your success story is waiting to happen. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.
CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD
Posting Komentar